Blogger Widgets

PERAN STRATEGI SDM


PERAN STRATEGI SDM
DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN GLOBAL

Oleh Andreas Budihardjo
Institut Manajemen Prasetya Mulia

1.  Abstraksi
Globalisasi:
  1. Dalam tingkat makro, pemerintah perlu meningkatkan kompetensi SDM melalui program peningkatan mutu pendidikan.
  2. Dalam tingkat mikro, perusahaan perlu mengadopsi visi, misi, dan strategi yang tepat yang didukung oleh strategi SDM dan budaya perushaan yang tepat.

Tiga aktivitas SDM:
  1. Pengadaan.
  2. Pemeliharaan.
  3. Pelatihan dan pengembangan.

Strategi dan perencanaan SDM:
  1. Nilai-nilai kreativitas.
  2. Layanan.
  3. Continuous learning.
  4. Inovatif.

Konsep Learning Organization:
Untuk mengantisipasi tantangan lingkungan internal dan eksternal.

2.  Latar Belakang
Strategi SDM perlu dipersiapkan secara seksama khususnya oleh perusahaan-perusahaan agar mampu menghasilkan keluaran yang mampu bersaing di tingkat dunia. Untuk mengantisipasi perdagangan bebas di tingkat dunia, para pemimpin Negara ASEAN pada tahun 1992 memutuskan didirikannya AFTA (ASEAN Free Trade Area) yang bertujuan meningkatkan keunggulan bersaing regional karena produksi diarahkan pada orientasi pasar dunia melalui eliminasi tarif/bea maupun menghilangkan hambatan tarif.
Dengan demikian, perusahaan-perusahaan Indonesia tidak hanya bersaing dengan perusahaan di dalam negeri namun mereka mau tidak mau harus bersaing dengan perusahaan Multinasional dan perusahaan-perusahaan dari negara lain. Perusahaan-perusahaan Indonesia dituntut mampu bersaing secara profesional pada skala dunia (global) supaya dapat tetap survive dan bahkan berkembang.

3.  Teori yang Mendukung
1.    Fungsi pengembangan dalam fungsi operasional MSDM ppt All MSDM slide 13.
  • Fakta menunjukkan bahwa peranan manusia dalam menunjang pengimplentasian suatu strategi perusahaan, SBU (Strategic Bussiness Unit) maupun fungsional sangat penting dan menentukan.
  • Strategi sumber daya manusia berkaitan dengan visi, misi, strategi perusahaan SBU dan juga strategi fungsional.
  • Pengembangan dan pengimplementasian strategi sumber daya manusia yang dicerminkan pada kegiatan-kegiatan SDM seperti pengadaan, pemeliharaan, dan pengembangan harus sejalan dengan strategi bisnis dan budaya perusahaan.

2.    Proses manajemen strategis pada ppt C slide 4.
  • Banyak perusahaan yang telah melakukan program-program pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia sebagai tanggapan dalam mengantisipasi suatu perubahan lingkungan yang sangat cepat.
  • Secara holistik dengan misi, visi, strategi serta budaya perusahaan merupakan jawaban dari pertanyaan yang penting sebagai dasar mengevaluasi keefektifan program pengembangan secara keseluruhan.
  • Kompetensi calon karyawan dengan kompetensi yang dibutuhkan harus ditingkatkan seefektif-efektifnya.
  • Kita harus berupaya keras meningkatkan mutu SDM dengan membandingkannya minimal dengan mutu tenaga kerja di Asia Tenggara misalnya dengan Singapura dan Malaysia.
  • Dalam mengevaluasi SDM perlu dipertimbangkan faktor sebagai berikut: tingkat strategis antara lain visi, misi, dan sasaran organisasi.

3.  Capra (1997) mengemukakan bahwa pergeseran paradigma mekanistik ke paradigma holistik akan terus berjalan dengan sendirinya.

4.    Globalisasi bisnis terus tumbuh karena adanya pengaruh-pengaruhnya seperti perubahan populasi, ketergantungan ekonomi, perserikatan regional, dan kompetensi komunikasi global. SDM adalah rancangan sistem-sistem formal dalam sebuah organisasi untuk memastikan penggunaan bakat manusia secara efektif dan efisien guna mencapai tujuan-tujuan organisasional. (Buku Human Resources Management, Robert L. Mathis- John H. Jackson, Chapter 1). Globalisasi adalah suatu kenyataan dan akan mempunyai dampak langsung maupun tidak langsung pada kebanyakan aspek bisnis di Indonesia.

5.    Kendala rekrutmen dalam kondisi eksternal pada ppt kelompok 5 MSDM slide 8.
  • Ketidaksesuaian antara job requirements dengan kompetensi calon.

6.    Terdapat di ppt A silde 2 tentang Proses Manajemen.
  • Hamel dan Prahalad mengatakan bahwa kompetisi pada masa depan tidak hanya dapat dilakukan dengan redefinisi strategi namun perlu juga redefinisi peranan manajemen atas dalam menciptakan strategi sebab itu peranan pelaku bisnis dalam mengidentifikasi bisnis masa depan, menganalisis, merencanakan, menentukan/merumuskan serta mengimplementasikan strategi yang tepat sangat efensial dan menentukan misalnya melalui transformasi organisasi.

7.    Terdapat pada Proses Manajemen Strategis step 5 slide 5 pada ppt C.
  • Strategis sumber daya manusia mendukung pengimplementasian strategi korporat dan perlu diterjemahkan dalam aktivitas-aktivitas SDM, kebijakan-kebijakan, program-program yang sejalan dengan strategi perusahaan.

8.  Ppt C termasuk pada Keterkaitan Perusahaan dan Strategi SDM tentang Kekuatan dan Kelemahan Internal Perusahaan pada slide 17.
  • Ketidaksesuaian antara strategi SDM dan strategi perusahaan akan mempengaruhi pencapaian sasaran perusahaan. Sebaliknya, kesesuaian antara strategi perusahaan dan strategi SDM perlu diupayakan mendorong krativitas dan inovasi karyawan dalam mencapai sasaran perusahaan.

  • Faktor dalam mengevaluasi SDM adalah:

  1. Faktor internal SDM, antara lain: asset sDM, kualifikasi SDM: pengadaan, pemeliharaan, pelatihan, dan pengembangan serta kebijakan-kebijakan SDM.
  2. Faktor-faktor eksternal, antara lain: demografis, perubahan sosial, budaya, teknologi, politik, peraturan pemerintah, pasar tenaga kerja, dan isu internasional (misalnya: HAM dan Ekologi).

9. Terdapat di ppt Peran Perencanaan SDM kelompok 3 tentang Metode dalam Merencanakan slide 3.
  • Mengaudit SDM baik dari segi kuantitatif maupun kualitatif.
  • Prediksi SDM perlu dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif melalui penelitian SDM.

10.  Ppt C slide 15 tentang SDM dan Keuntungan Kompetitif.
  • Salah satu kunci yang sangat penting dalam keuntungan kompetitif adalah melalui pengelolaan sumber daya manusia secara efektif.

11. Ppt MSDM kelompok 5 slide 6 tentang Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Dalam Perekrutan.
  • Aktifitas SDM dalam menghadapi bisnis global dengan mempertimbangkan sebagai berikut:

  1. Rekrutmen dan seleksi berdasarkan pada faktor kemampuan, kepribadian yang positif, bermotivasi tinggi, nilai-nilai yang menunjang misi, visi serta strategi masa depan misalnya kreativitas kemampuan berubah cepat, potensi berkembang, serta berkemampuan dan kemauan belajar terus-menerus.

12.  Ppt All MSDM slide 38 tentang Kegunaan Analisis Jabatan bab Kompensasi.
  • Pemeliharaan perlu dilakukan dengan memperhatikan hak dan kewajiban karyawan secara seksama. Kompensasi yang mendasarkan pada suatu pertimbangan yang efektif dan adil. Insentif atau tunjangan harus dipertimbangan dengan seksama dan berdasarkan prestasi.

13.  Ppt All MSDM slide 40 tentang bab Penilaian Prestasi Kerja.
  • Penilaian prestasi perlu benar-benar menilai prestasi karyawan secara tepat dan berorientasi pada pengembangan karyawan.

14.Terdapat di ppt Perencanaan SDM kelompok 3 tentang Metode Dalam Perencanaan SDM slide 4.
  • Jalur karir karyawan perlu direncanakan dengan seksama dan secara transparan dikomunikasikan.


4.  Kesimpulan
Dengan dimulainya perdagangan bebas, pemerintah dan pelaku bisnis harus siap menghadapinya dengan mempersiapkan strategi bisnis dan khususnya SDM agar kita mampu bersaing dalam skala dunia. Mutu SDM harus berorientasi ke depan, sebab itu continous learning, fokus pada tim, “empowerment, kreatif, mengaplikasikan paradigma Learning Organization – the right man on the right place, at the right time, and at the right company.
Profesionalisme manajemen, sistem informasi, budaya perusahaan yang tepat, pemanfaatan teknologi, strategi fungsional lainnya perlu secara terpadu mendukung pelaksanaan humas resources practices yang sejalan dengan strategi SDM, strategi perusahaan, misi dan visi, disertai kepemimpinan yang handal, bermotivasi, berwawasan luas yang didukung oleh SDM yang berkualitas dan berorientasi pada learning organization.
Ditingkat makro, dalam menghadapi tantangan globalisasi perlu mengembangkan tenaga kerja nasional melalui program-program terpadu dan nyata. Kendati, tugas cukup berat, kita harus optimis dan segera menentukan dan menjalankan strategi yang tepat dalam meningkatkan mutu SDM.

5.  Komentar
Mengingat pentingnya peran strategi SDM untuk digunakan sebagai tolak ukur keefektifan perusahaan dan aktivitas SDM, memang sudah seharusnya perusahaan itu mempunyai strategi SDM dalam menghadapi persaingan global di era ini. Tidak hanya itu, perusahaan juga harus memikirkan dan mengatur beberapa strategi alternatif dengan memperhatikan berbagai pertimbangan dan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi atau menjadi kendala dari perusahaan itu sendiri untuk mengantisipasi jika adanya kegagalan yang tidak terduga. Karena, apabila terjadi ketidaksesuaian antara strategi perusahaan dan strategi SDM dapat mempengaruhi pencapaian sasaran perusahaan.

0 komentar:

Posting Komentar